Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Senin, 01 November 2010

kenapa aku bodoh ?


Yach, mungkin pertanyaan itu masih terambang-ambang diatas pikiran kita, sobat, sebenarnya kita semua memang bodoh,bodoh,bodoh,bahkan sangat bodoh dari kambing jika sudah dihadapkan perkara yang sudah ditetapkan ALLAH tetapi kita memilih jalan yang lain. Jangan hawatir sobat, bodoh bukanlah sebuah aib,yang harus ditutup-tutupi, bodoh memang sifat asli manusia itu bodoh, tidak ada manusia yang dilahirkan dibumi tiba-tiba langsung piter begitu saja. Kebodohan yang menempel pada diri manusia kemudian ia tidak mau berfikir kedepan agar bisa lebih tahu itu lah yang sebenar-benarnya bodoh.  Bodoh bukan berarti harus berhenti pada titik pesimis, dan tidak mau berusaha agar mengerti,  bodoh ? yach apa lagi ya sobat ? ... kenapa harus bodoh ?

Sebenarnya manusia itu semuanya sama saja,sama-sama diberi akal untuk berfikir.  memang ada sebagian manusia itu yang diberi kekurangan oleh ALLAH SWT. Namun tidak berarti ia tidak bisa berubah dan menjadi lebih pintar, Tingkat keseriusan manusia untuk mencari pengetahuanlah yang akan membedakan orang itu akan bodoh atau akan pandai, meskipun hal itu tidak bisa dijadikan patokan utama dalam membangun sebuah kepandaian. Kenapa aku bodoh ?
Bodoh sangat identik dengan kekerasan, putus asa, penuh dengan kecewa,  tidak da semangat  hidup, tujuan hidup juga gak jelas,.. semu ini disebabkan pada satu muara yaitu MALAZ BERFIKIR,.. yach MALAZ BRFIKIR...  bisa dikatakan bahwa kekerasan adalah tanda malas berfikir, begitupun dengan putus asa, dll. Kita tahu dan kita faham bahwa ALLAH mem beri kita akal, dan akal inilah yg akan bekerja menentukan jalan alur fikiran kita. Dalam  kitab At Tafkir karangan syeikh Tqiyyudin An Nabhabi di sebutkan salah satu keutamaan manusia dibandingkan dengan makhluk lainnya adalah keberadaan akalnya, akal dijadikan timbangan waras dan tidaknya manusia. Karena kewarasan akal inilah manusia diberi taklif (beban hukum) oleh ALLAH SWT.  ,.. okeylah sob, kita tahu kita diberi akal untuk berifikir, selain itu kita bisa memahami fakta demi fakta yg ada di depan kita. Soe.. manfaatkan akal semaksimal mungkin untuk menyembah kepadaNYA,...
bersambung YA bozz,..

1 komentar: